Food Terminology

Choux ala Creme 

Image result for choux creme


                    Pastri choux (Bahasa Inggris:Choux pastry atau Choux paste) adalah adonan yang dibuat dengan menggunakan mentega, air, tepung terigu dan telur.Selain itu, gula dan garam dapat ditambahkan ke dalam adonan tersebut.Nama adonan ini berasal dari bahasa Perancis yaitu Pâte à choux yang secara literal berarti "pasta kubis" karena bentuk akhirnya yang menyerupai kubis. Sementara itu, adonan ini sering disebut sebagai Choux paste karena teksturnya yang tidak padat seperti adonan lain tetapi bertekstur seperti pasta.
       
                Adonan ini dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk serta merupakan adonan dasar dari pembuatan kue sus, profiterole, croquembouche, eclair, cruller, beignet, kue St. Honoré, dan gougère.Ketika dipanggang, telur membuat adonan menjadi kopong sehingga dapat diisi dengan krim berbagai rasa.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pastri_choux



Custard Creme ( Pastry Creme)


Image result for custard creme

       Pastry cream adalah cream yang dbuat biasanya sebagai isian dalam berbagai jenis kue.misalnya kue sus,lalu sebagai pelekat isi sweet danish atau fruit danish,,dan masih banyak lagi. rasanya yang creamy,lembut dan manis,membuat banyak orang menyukai pastry creamsebagai isi dari kue yang mereka buat.

source: google.com



Bechamel Sauce 

Image result for bechamel sauce



       Saus Béchamel atau saus putih adalah salah satu dari lima saus utama dalam kuliner klasik Perancis. Saus béchamel versi modern dibuat dari susu dan roux (campuran dari mentega dan tepung terigu) serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu seperti garam, lada dan biji pala. Sementara itu, saus béchamel versi klasik dibuat dari daging sapimuda beserta bumbu-bumbu yang direbus dalam kaldu bening. Namun, versi klasik dari saus ini sudah jarang dibuat oleh para juru masak modern.

        Saus béchamel pertama kali dibuat pada 1680 oleh Pierre de la Varenne yang saat itu merupakan juru masak pribadi dari Louis XIV.[3] Ia kemudian menulis resep dari saus ini dalam bukunya yang berjudul Le Cuisinier Francois (Kuliner Perancis). La Varenne menamakan saus yang diciptakannya sesuai dengan nama temannya yaitu Marquis Louis de Béchamel.




Hard Roll

Image result for hard roll


       Hard roll salah satu jenis roti keras yang biasa di sajikan pada restaurant semi formal , makanan pengisi pada jenis menu table d hote. Biasanya di tempatkan pada bread basket dan disajikan dengan butter maupun honey .
           Bahan dasarnya pun sederhana karena jenis roti ini temasuk Un rich jenis roti yang tidak banya menggunakan komposisi, salah satunya water , sortening ,flour, yeast , and salt . Dimana pada bagian luarnya agak cruncy dan bagian dalam roti lembut .

source: google.com



Glazed Root Vegetable

Image result for glazed root vegetables

          Salah satu jenis makanan pendamping maincourse, juga termasuk golongan vegetable. Bahan dasarnya ialah sayuran yang berjenis umbi dan karena glazed jadi hasil vegetable ini harus mengkilap dan tidak berair karena sayuran telah
 disaute dengan butter/ oil.

source: google.com



Bebek Menyanyat 


Image result for bebek menyatyat

      Bebek menyatnyat ini berasal dari kota Bali (Indonesia) kota yang dikenal dengan seribu pulau dewa . Bahan- bahanya pun menggunakan santan , Bebeknya yang di boil terlebih dahulu kemudian di braising membuat daging empuk dilidah . Juga menggunakan bumbu juga yang dihaluskan . Bebek menyatnyat yang kami buat kemarin dihidangkan dengan nasi putih,kangkung plecing dan sambal matah.

source: google.com



Demiglace Sauce

Image result for demi glace sauce

      Sauce demiglace adalah brown sauce kental asal Prancis yang dijadikan sebagai saus dasar untuk membuat beragam sauce lain salah satunya Bolognaise sauce, mashroom sauce , Black pepper sauce dan semacamnya . 
     Sauce demiglace dimana campuran antara brown roux dan brown sauce yang ditambah dengan mirepoix dan bouquet garnie serta tomato paste , sehingga menjadi saus demiglace . 

source: google.com



Brown stock 

Related image


        Brown stock biasanya digunakan sebagai penambahan pada suatu makanan . Banyak digunakan di negara-negara lain . Bahan dasar beef bone , ya menggunakan tulang sapi pada umumnya yang ditambahkan air, mirepoix yang sudah di roasting (panggang) dan Bouquet garnie sebagai penambah aroma dan rasa . Stock ini pastinya memiliki warns coklat dong dan pastinya aroma sapinya juga terasa .Biasanya digunakan pada pembuatan soup dan sauce .

source: google.com



Sop Kacang Merah 
Image result for sup kacang merah
              




         Sop kacang merah atau biasa disebut dengam Brenebon ,nama ini merupakan pengucapan lokal orang Manado   yang diambil dari Belanda yaitu  bruine bonen berarti "kacang merah" .Makanan ini berasal dari pengaruh belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur .
        
          Hidangan sup ini dibuat dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging dengan campuran bumbu sup pada umumnya seperti bawang putih, merica dan bumbu-bumbu lain . Paling enak disajikan dalam keadaan panas .

source: google.com



Plecing Kangkung

Image result for plecing kangkung

  
  Makanan Khas Indonesia yang berasal dari Lombok .Plecing kangking terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat yang dibuat dari cabai rawit , garam, terasi ,dan tomat ,juga biasanya diberi tetesan jeruk limau .Plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge,kacang panjang ,kacang tanah goreng atau pun urap .

source: google.com

Comments

Popular