Daily Activity -Mid- (Indonesia)


Hari senin 26 Agustus 2018, kelas saya mendapatkan jadwal mengikuti ujian praktek. Kelompok untuk praktek sudah dibagi sebelumnya, terdiri dari 4 kelompok yang beranggotakan sekitar 10 orang. Saya kelompok 3 yang mendapatkan jadwal praktek dihari senin, untuk itu saya dan teman-temanku mempersiapkan bahan untuk praktek dihari sebelumnya yaitu dihari minggu. 


Menu untuk praktek yaitu menu rotasi 1.1, yang terdiri dari:


Appetizer
Chicken Salad Hawaiian

Soup
Shrimp Bisque

Main Course
Beef Stew
Zucchini A'la Provencale
Baked Potatoes

Dessert
Yellow Butter Cake
(French Bread)

Kami membagi kelompok untuk mempersiapkan bahan yaitu berdasarkan pengalaman dalam menangani bahan pada waktu praktek sebelumnya. Saya kebetulan sering menangani menu dessert, jadi saya mendapatkan bagian mempersiapkan bahan untuk Yellow Butter Cake. Tidak ada masalah dalam pembuatan Yellow Butter Cake. 



Yellow Butter Cake Ingredients
Moulding
Result



Untuk frosting Yellow Butter Cake sendiri masih sama dengan sebelumnya, yaitu menggunakan 1/2 : 1 untuk Cream Cheese dan Cream, kemudian Frosting disimpan ke dalam chiller. Keesokan harinya pada hari senin, yang menjadi permasalahan adalah pada waktu memberi warna. Frosting yang sudah disimpan di Chiller akan menjadi sedikit padat, untuk membuat teksturnya kembali seperti semula digunakan sedikit cream. Tetapi teman saya menambahkan creamnya kebanyakan sehingga tektur frosting tidak kokoh lagi. Menurut saya, untuk forsting yang telah berada disuhu ruangan, tidak perlu ditambahkan cream lagi, hanya perlu diaduk sedikit hingga tekturnya kembali seperti semula.



Add Color to Frosting

Setelah dessert sudah selesai dikerjakan, saya kemudian kembali ke Main Kitchen untuk membantu teman-teman yang lain. Saya membantu teman saya yang menangani Beef Stew untuk memperbaiki rasanya, karena beef stew yang dibuatnya belum memiliki rasa yang pas.


Beef Stew

Menurut Chef Dino sebagai Dosen Pengawas kami, jam 10 produk makanan sudah selesai diexplain ke Restaurant dan di Office. Setelah itu pada waktu open resto, makanan sudah ready. Jam 1 sebelum closed order jam 2.30, masing-masing section sudah merapikan sectionnya masing-masing, untuk mencegah terhambatnya pekerjaan selanjutnya. Setelah Closed Order, kami kemudian melakukan General Cleaning. Setelah itu kembali ke rumah masing-masing.



menu rotation 1.1

Chicken Salad Hawaiian



Shrimp Bisque

Beef Stew with Baked Potato and Zucchini ala Provencale

Comments

Popular