Food Terminology

PATE
           
Image result for pate

          Pate adalah hidangan pembuka dingin yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan, hati yang dicincang halus dan diberi bumbu kemudian dicetak dengan cetakan empat persegi panjang, bahan dan dibungkus dengan adonan (pie) kemudian dimasukan kedalam cetakan dan dipanggang didalam oven. setelah dingin diberikan lapisan aspic jelly dan dimasukan ke dalam lemari pendingin.

          Pate dihidangkan dingin, dipotong potong seberat 75-100gr per orang. nama pate di ambil dari bahan pokok yang dipergunakan misalnya chicken pate, game pate, veal pate, fish pate atau liver pate.





CHOWDER
               
        
Image result for chowder
                       


     Chowder atau Sup kental adalah sejenis sup atau rebusan yang sering disiapkan dengan susu atau kremdan ditebal dengan pecahan kerupuk , biskuit kapal hancur, atau roux . Variasi chowder bisa berupa makanan laut atau sayuran . Kerupuk seperti kerupuk tiram atau asin bisa menyertai chowders sebagai barang samping, dan potongan kerupuk bisa dijatuhkan di atas piring.
         
        Clam chowder New England biasanya dibuat dengan kerang cincang dan kentang potong dadu, dengan campuran krim dan susu dasar, seringkali dengan sedikit mentega. Bubuk umum lainnya termasuk seafood chowder, yang meliputi ikan, kerang, dan banyak jenis kerang lainnya; jagung chowder , yang menggunakan jagung bukan kerang; berbagai macam ikan chowders ; [1]dan kentang chowder, yang sering dibuat dengan keju. Chowder ikan, sup krim jagung, dan clam chowder sangat populer di wilayah Amerika Utara di New England dan Atlantik Kanada .





BOLOGNESE SAUCE

     
                   
Image result for bolognese sauce


         Bolognese adalah saus daging yang sangat digemari dari kawasan Bologna di Italia. Aslinya, saus ini hanya terdiri dari daging dengan bumbu lain tanpa tomat. Akhirnya berkembang di luar Italia dengan tambahan tomat dan pasta tomat, seperti dikenal di Indonesia juga. Di Italia sendiri, Bolognese atau yang juga disebut ‘ragubolognese’ selalu disiapkan untuk pasta ukuran sedang seperti pasta tagliatelle. Saus bolognese berbasis daging dengan tomat ini juga menjadi bagian dari lasagna.





CUSTARD TART

                  
Image result for custard tart
   
            Custard tarts atau flans pâtissier adalah kue kering yang terdiri dari kerak pastry luar yang diisi dengan custard telur dan dipanggang. Perkembangan puding sangat erat kaitannya dengan custard tart atau pie yang berasal dari bahasa Prancis croissade tua, yang berarti sejenis kue pai.
       Beberapa nama lain untuk varietas tart custard di Abad Pertengahan adalah doucettes dan darioles . Pada 1399, perjamuan penobatan yang disiapkan untuk Henry IV termasuk "doucettys".
Resep Abad Pertengahan umumnya termasuk shortcrust dan puff pastry case yang diisi dengan campuran krim, susu, atau kaldu dengan telur, pemanis seperti gula atau madu, dan terkadang rempah-rempah. Resep ada sejak abad ke-14 yang masih bisa dikenali sebagai kue puding hari ini.                   
        Tart juga bisa disiapkan dengan susu almond pada saat puasa seperti Prapaskah , meskipun ini agak mahal dan hanya populer dengan orang yang kaya raya. Seringkali, bahan gurih seperti daging babi cincang atau sumsum daging sapi juga ditambahkan (kombinasi bahan manis dan gurih lebih sering terjadi di Inggris abad pertengahan), namun tidak seperti quiche modern, custard yang mengisi sendiri selalu manis.





BROICHE

                         
Image result for brioche

          Brioche  adalah sebuah roti diperkaya tinggi asal Perancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. Roti ini agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur.Roti ini memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.
       Brioche dianggap sebagai bagian dari Viennoiserie. Kelompok roti ini dibuat dengan cara dasar yang sama seperti roti, tetapi memiliki aspek kue kering yang tinggi karena banyaknya kandungan telur, mentega, cairan (susu, air, krim, dan kadang





BIKA AMBON

Image result for bika ambon
                

            Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.





SAMBAL ULANG ULANG

Image result for sambal ulang ulang
                   

           Sambal adalah saus pedas dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan saricabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.




SAMBAL MATAH

                  
Image result for sambal matah


           Be pasih mesambel matah (nama dalam bahasa Bali, artinya ikan laut sambal mentah) adalah nama salah satu makanan khas Bali.
Makanan ini terbuat dari ikan laut segar, yang dilaburi dengan bumbu bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, garam dan kadang-kadang dengan kencur. Setelah bumbu ikannya meresap, lalu dipanggang dengan arang kayu atau arang batok kelapa. Adapun bahan sambalnya terdiri atas bawang merah, cabai rawit, sereh, terasi bakar, garam, dan bisa juga ditambahkan cabai besar untuk memberi tambahan rasa. Bahan-bahan tersebut dicampur, dirajang halus, lalu diremas-remas untuk menyatukan rasa. Terakhir, ditambahkan minyak kelapa asli dan air perasan jeruk limau.
       
      Makanan ini disajikan biasanya bersama dengan nasi, plecing kangkung dan daun kemangi. Makanan ini cukup populer di daerah-daerah pesisir Bali; diantaranya di pantai Jimbaran (Kuta), pantai Sanur (Denpasar), dan pantai Lebih (Gianyar).




MAYONAISE SAUCE
              

Image result for mayonnaise sauce

         Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.





SOUFFLE
           
                  
Image result for souffle

         Soufflé adalah cake yang banyak menggunakan putih telur sehingga ringan dan mengembang. Dalam Bahasa Perancis, kata soufflé adalah bentuk lampau dari souffler yang berarti memompa, persis seperti bagian atasnya yang menggembung.


       Soufflé berbentuk silinder dan berwarna putih kekuningan hingga cokelat. Cake ini bisa disajikan sebagai menu utama yang gurih asin, namun bisa juga dijadikan makanan penutup yang manis. Keju, selai, buah, berry, cokelat, pisang, dan lemon biasanya digunakan untuk memberi rasa pada soufflé.



Comments

Popular