Recipes #9 (Internship Tasks)

1. Bolognese Sauce


Image result for bolognese sauce

Bahan-bahan:

100 gr beef corned
1 bh bawangbombay, cincang
2 siung bawangputih, cincang
secukupnya Garam, gula, lada
Minyak untuk menumis
3 sdm air
3 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal

Langkah:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawangputih dan bombay hingga harum. Masukkan kornet. Aduk rata, tumis hingga berubah warna.
  2. Tuang air, saus tomat,saus sambal. Aduk rata. bumbui garam,gula,lada. (Sebelum tmbhkan garam cicipi dulu).
  3. Masak hingga matang dan air menyusut.
  4. Angkat, dinginkan. Pindahkan ke wadah bertutup, simpan dalam Chiller.
Deskripsi:


Livio Cerini pernah menjelaskan sejarah Ragu alla Bolognese dalam buku resep masakan Italia yang dirilis pada abad ke-20. Kata ragu berasal dari bahasa Perancis yakni ragouter yang artinya "menambahkan rasa terhadap sesuatu". Saat Kekaisaran Romawi menginvasi Galia (Perancis), warga Galia meracik saus yang kini terkenal sebagai ragout. Dulu, ragu merupakan racikan bahan dan bumbu yang biasa disajikan sebagai hidangan utama. Namun kemudian, ragu mulai dimakan bersama hidangan karbohidrat yakni roti. Ragu yang diracik pada zaman pendudukan Romawi itu tidak menggunakan tomat sebagai bahan utama. Tomat baru masuk ke Eropa sekitar tahun 1500. Resep utama ragu yang terbuat dari bahan tomat disinyalir muncul pada akhir 1700-an.  Pelopornya adalah Alberto Alvisi, koki restoran Cardial of Imola yang meracik saus berbahan tomat dicampur dengan daging. Saus tersebut kemudian disajikan bersama sepiring pasta. Pada awal 1800-an, resep ragu berbahan dasar tomat mulai tersebar lewat buku-buku yang tersebar di wilayah Emilia-Romagna di Italia. Pada masa itu, ragu disajikan hanya pada masa liburan dan momen spesial. Hingga akhirnya pada 1982, resep ragu 'diresmikan' oleh Italian Academy of Cuisine at the Bologna Chamber of Commerce. Selain tomat, ragu versi 'resmi' ini juga memiliki bahan dasar daging babi asap dan susu.  Kini, di seantero Italia, ragu tak hanya berbahan dasar daging. Di beberapa wilayah, ragu dimasak menggunakan ikan seabass bahkan tahu lunak (tofu). Ragu yang dikenal sebagai saus bolognese adalah Ragu alla Bolognese.


2. Carbonara Sauce

Image result for carbonara sauce

Bahan-bahan

1 sdm mentega/butter
1/4 bawang bombay iris dadu
1 lembar smoked beef di iris sesuai keinginan
1 cup susu cair
1/8 cup tepung terigu
60 gr keju cheddar (kalo saya ditambah red cheedar 1 lembar)
secukupnya Garam
secukupnya Lada

Langkah
  1. Tumis bawang bombay dengan mentega atau butter sampai harum.
  2. Setelah bawang bombay harum masukan smoked beef sampai matang.
  3. Masukan tepung terigu secara perlahan aduk cepat agar tidak menggumpal.
  4. Setelah tercampur rata tambahkan susu cair sampai cair  
  5. Tambahkan keju, garam dan lada.
Deskripsi:

Carbonara adalah masakan Italia yang berupa spaghetti yang dimasak dengan saus telur, keju dan daging. Carbonara diciptakan dari resep rakyat pedesaan Italia tengah yang berciri sederhana dan apa adanya. Setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam memasak carbonara namun prinsip utama adalah penggunaan bahan berkualitas terbaik. Penambahan krim untuk carbonara adalah salah kaprah dan banyak orang Italia masih memperdebatkan daging yang digunakan, apakah guanciale atau pancetta. Bahan utama memasak carbonara adalah pasta, telur, pecorino dan lada hitam.

3. Basil Pesto

Image result for pesto

Bahan-bahan:
1 Genggam basil
1,5 sdm kacang tanah sangrai
1,5 Siung bawang putih 
1 cup kecil full olive oil 
Secukupnya parmesan cheese

Langkah:

Siapkan semua bahan. Lalu blender sampai halus. Pesto siap dimakan dengan toast atau pasta. Bisa ditaruh di jar kaca dan simpan di kulkas. Bisa tahan satu minggu lebih.

Deskripsi:

Saus pesto dikenal sebagai saus yang sehat karena terbuat dari daun basil dengan campuran minyak zaitun, bawang putih dan kacang pinus. Bahan-bahan ini dikenal bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Awalnya makanan ini adalah hasil olahan berbahan dasar keju yang dibuat orang Romawi kuno. Namun, saus ini diracik kembali oleh orang-orang di Genoa, Italia Utara sebagai saus pesto.

Comments

Popular