Ingredients

Cabai Katokkon


Image result for cabai katokkon


History :

Jawara pedas asal Toraja bernama cabai katokkon ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Di Toraja cabai ini merupakan salah satu kekayaan lokal yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan lebih lanjut. Pasalnya, cabai katokkon ini bukan sembarang cabai, dari segi bentuknya sangat unik dan tidak seperti bentuk cabai pada umumnya.

Cabai katokkon di Tanatoraja memiliki nilai sosial sangat tinggi. Pasalnya, masyarakat setempat hanya menggunakan cabai ini sebagai bumbu masakan pada momen perayaan tertentu seperti syukuran ataupun perayaan hari besar.Salah satu sentra budi daya cabai katokkon terdapat di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara. Cabai katokkon telah resmi terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dengan nomor publikasi 055/BR/PVL/02/2014.

Nutrisi :

Mengandung Zat Minyak Atsiri Capsaicin, yaitu zat yang membuat rasanya menjadi pedas dan terasa panas di lidah. Cabai ini memiliki kandungan per 100 gram buah yang terdiri atas




16,84 mg vitamin C,

85,4% air, dan

9,2% gula.


Fungsi :


Menambah nafsu makan

Obat awet muda karena bisa memperlambat penuaan

Anti stress

Membantu mengatasi masalah persendian

Membantu menurunkan kolestrol

Membantu melancarkan aliran darah

Membantu mencegah stroke

Membantu meredakan batuk berdahak

Membantu melegakan hidung tersumbat

Membantu meredakan migrain




Cabai Rawit


Image result for cabai rawit

History :

Cabai rawit atau cabai kathur, adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia dan Singapura ia dinamakan cili padi, di Filipina siling labuyo, dan di Thailand phrik khi nu. Di Kerala, India, terdapat masakan tradisional yang menggunakan cabai rawit dan dinamakan kanthari mulagu. Dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper.


Nutrisi :




Fungsi :

Meningkatkan sirkulasi darah

Membantu nyeri otot

Membantu detoksifikasi




Cabai Gendot


Image result for cabai gendot


History :

Jenis cabe chinense berasal dari daerah amazon, kemudian menyebar ke Meksiko. Polong cabe chinense utuh ditemukan melekat di tingkat pra keramik di Gua Guitarrero, Peru, yang memperlihatkan umur 8500 tahun. Spesies ini kemudian didomestikasi selama beribu tahun, seiring berkembangnya kemampuan petani dalam bercocok tanam. Mereka berhasil melakukan seleksi untuk menghasilkan keturunan yang lebih besar dan pedas, sehingga pada tahun 1000 SM, jenis cabai chinense ini telah terdomestikasi dan menyebar ke seluruh penjuru Amerika Selatan dan Tengah. Setelah Columbus sampai di Kepulauan Karibia pada tahun 1492, ia membawa berbagai jenis cabe ini ke Portugis dan akhirnya ikut menyebar ke Afrika.


Fungsi :

Meningkatkan daya tahan tubuh

Baik untuk kesehatan mata

Sumber protein untuk tubuh

Pencegah penyakit Alzheimer


Nutrisi :


Vitamin C, 240% dari asupan harian yang disarankan Vitamin B6, 39% dari asupan harian yang disarankan Vitamin A, 32% dari asupan harian yang disarankan Vitamin E, 4,5 dari asupan harian yang disarankan Vitamin K, 11,5% dari asupan harian yang disarankan Zat besi13% dari asupan harian yang disarankan Tembaga 14% dari asupan harian yang disarankan Kalium 7% dari asupan harian yang disarankan





LEMON


Image result for lemon


Lemon, Citrus limon (L.) Osbeck, adalah spesies pohon cemara kecil di keluarga tanaman berbunga Rutaceae, asli Asia. Asal usul lemon tidak diketahui, meskipun lemon diperkirakan telah tumbuh di Assam (suatu wilayah) di timur laut India), Burma utara atau Cina. Sebuah studi genomik dari lemon menunjukkan itu adalah hibrida antara jeruk pahit (jeruk asam) dan sitrun. Lemon masuk ke Eropa dekat Italia selatan tidak lebih dari abad kedua, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak dibudidayakan secara luas. Mereka kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesir sekitar 700 AD. Lemon pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arab abad ke-10 tentang pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di taman-taman Islam. Lemon didistribusikan secara luas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterania antara 1000 dan 1150. Budidaya lemon pertama di Eropa dimulai di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon ke Hispaniola dalam perjalanannya. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Terutama digunakan sebagai tanaman hias dan untuk obat-obatan. Pada abad ke-19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California. Asal kata "lemon" mungkin Timur Tengah. Kata ini diambil dari limon Perancis Kuno, kemudian limone Italia, dari bahasa Arab laymūn atau līmūn, dan dari bahasa Persia līmūn, istilah umum untuk buah jeruk, yang merupakan bahasa Sansekerta (nimbū, "kapur").


Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C, memberikan 64% dari Nilai Harian dalam porsi 100 g. Lemon mengandung banyak fitokimia, termasuk polifenol, terpene, dan tanin. Jus lemon mengandung sedikit lebih banyak asam sitrat daripada air jeruk nipis (sekitar 47 g/l), hampir dua kali lipat asam sitrat dari jus grapefruit, dan sekitar lima kali jumlah asam sitrat yang ditemukan dalam jus jeruk.


Jus lemon, irisan, dan kulit digunakan dalam berbagai macam makanan dan minuman. Seluruh lemon digunakan untuk membuat selai, lemon curd dan lemon liqueur. Irisan lemon dan kulit lemon digunakan sebagai hiasan untuk makanan dan minuman. Kulit lemon, parutan kulit luar buah, digunakan untuk menambah rasa pada makanan yang dipanggang, puding, nasi, dan hidangan lainnya.


Lemon memiliki warna hijau dan jika sudah matang buah ini akan berwarnya kuning, memiliki rasa masam, berbentuk bulat atau lonjong dan ujungnya meruncing, dan daging lemon hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.




MILK

Image result for milk


Susu adalah cairan putih yang diproduksi oleh kelenjar susu mamalia. Manusia pertama kali belajar mengkonsumsi susu mamalia lainnya secara teratur mengikuti domestikasi hewan selama Revolusi Neolitik atau pengembangan pertanian. Perkembangan ini terjadi secara independen di beberapa lokasi global sejak awal 9000-7000 SM di Mesopotamia sampai 3.500-3000 SM di Amerika. Orang-orang pertama kali menjinakkan hewan ternak yang paling penting - ternak, domba dan kambing - di Asia Barat Daya, meskipun ternak rumahan secara terpisah berasal dari populasi liar aurochs beberapa kali sejak saat itu. Awalnya hewan disimpan untuk daging, dan arkeolog Andrew Sherratt telah menyarankan agar dirapikan, bersamaan dengan eksploitasi hewan piaraan untuk rambut dan persalinan, kemudian dimulai kemudian dalam sebuah revolusi produk sekunder terpisah pada milenium keempat SM. Model Sherratt tidak didukung oleh temuan baru-baru ini, berdasarkan analisis residu lipid pada gerabah prasejarah, yang menunjukkan bahwa perajutan dipraktekkan pada fase awal pertanian di Barat Daya Asia, setidaknya pada milenium ketujuh SM.

Dari Barat Daya Asia, hewan ternak domestik menyebar ke Eropa (mulai sekitar tahun 7000 SM tapi tidak sampai ke Inggris dan Skandinavia sampai setelah 4000 SM), dan Asia Selatan (7000-5500 SM). Petani pertama di Eropa Tengah dan Inggris memerah ternak mereka. Ekonomi nomaden pastoral dan pastoral, yang terutama bergantung pada hewan domestik dan produk mereka daripada pertanian tanaman pangan, dikembangkan saat petani Eropa pindah ke padang rumput Pontic-Caspian pada milenium keempat SM, dan kemudian menyebar ke sebagian besar padang rumput Eurasia. Domba dan kambing diperkenalkan ke Afrika dari Barat Daya Asia, namun ternak Afrika mungkin telah dipelihara secara independen sekitar 7000-6000 SM. Unta, yang dijinakkan di Arab tengah pada milenium keempat SM, juga telah digunakan sebagai hewan perah di Afrika Utara dan Jazirah Arab. Catatan awal perawatan luka bakar di Mesir menggambarkan pembalut luka bakar dengan menggunakan susu dari ibu-ibu bayi laki-laki. Di seluruh dunia (misalnya, Asia Timur dan Asia Tenggara, Amerika dan Australia), produk susu dan susu secara historis bukan merupakan bagian besar dari makanan, karena mereka tetap dihuni oleh pemburu-pengumpul yang tidak memelihara hewan atau hewan lokal. Ekonomi pertanian tidak termasuk jenis susu dari dalam negeri. Konsumsi susu menjadi biasa di daerah ini secara relatif baru-baru ini, sebagai konsekuensi kolonialisme Eropa dan dominasi politik di sebagian besar dunia dalam 500 tahun terakhir.


Komposisi susu berbeda secara luas di antara spesies. Faktor-faktor seperti jenis protein, proporsi protein, lemak, dan gula, tingkat berbagai vitamin dan mineral, dan ukuran globulin mentega, dan kekuatan dadih ada di antara yang berbeda. Sebagai contoh :
Susu mengandung protein rata-rata 1,1%, 4,2% lemak, 7,0% laktosa (gula), dan memasok 72 kkal energi per 100 gram.
Susu sapi mengandung protein rata-rata 3,4%, 3,6% lemak, dan 4,6% laktosa, 0,7% mineral dan memasok 66 kkal energi per 100 gram.
Keledai dan susu kuda memiliki kandungan lemak paling rendah, sedangkan susu anjing laut dan paus mengandung lebih dari 50% lemak.

Susu digunakan untuk membuat yoghurt, keju, es susu, puding, coklat panas dan roti panggang Prancis. Susu sering ditambahkan ke sereal sarapan, bubur dan granola. Susu sering disajikan dalam kopi dan teh. Susu yang diuapkan digunakan untuk menyiapkan minuman berbasis espresso seperti cafe latte.

Susu memiliki tekstur yang cair dan sedikit kental, berwarna putih dan memiliki aroma yang khas. Biasanya susu akan cepat basi jika tidak disimpan dalam tempat yang tepat.

Comments

Popular