Famous Food

1.Tahu Walik


Image result for tahu walik


Tahu walik menjadi camilan yang wajib diburu saat anda berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur. Mendapatkannya cukup mudah, bisa membeli di warung-warung kecil di pinggir jalan hingga di restoran bahkan bisa juga memesan camilan unik ini melalui aplikasi pemesanan makanan secara online.

Cara membuat tahu walik sebenarnya cukup mudah. Tahu putih digoreng. Setelah setengah matang diangkat lalu disayat bagian tengahnya dan bagian dalam tahu yang basah dibalik dan diisi dengan adonan kemudian digoreng kembali hingga kering.

Adonan isi tahu walik adalah daging ayam dan daging sapi atau campuran keduanya yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung serta dibumbui seperti adonan bakso.

Salah satu warung yang sudah cukup lama menjual tahu walik adalah Warung Biru yang berada di Kota Banyuwangi.


Satu buah tahu walik yang sudah matang dijual seharga Rp 700, sedangkan yang setengah matang dihargai Rp 600. Satu porsi berisi 10 tahu walik. "Kita jual yang setengah matang biasanya oleh pelanggan digoreng jadi dinikmatinya di rumah masih panas. Kalau mau makan di tempat sini juga bisa," kata Eva.

Dia mengaku adonan isi dari tahu walik yang dijualnya, komposisi daging lebih banyak sehingga lebih terasa gurih.

Dia juga berbagi tips agar bagian luar tahu walik lebih kriuk yaitu tahu yang sudah diwalik dan diisi adonan harus digoreng dengan minyak yang sangat panas. "Jangan lupa bagian dalam tahu yang basah sebelum dibalik harus dikeluarkan agar lebih kriuk. Harus benar-benar kering kalau tidak nanti adonannya nggak matang," jelasnya.

Nah yang menarik dari tahu walik ini adalah cocolannya yang menggunakan petis ikan yang berwarna coklat keemasan.


Cara membuatnya juga sangat sederhana yaitu cabai rawit dihaluskan di atas cobek lalu dicampurkan dengan petis ikan yang berbentuk pasta. Tambahkan sedikit air hangat agar petisnya tidak terlalu pekat.


"Pedasnya juga bisa disesuikan. Jika kurang pedas tinggal ditambahkan cabainya," kata Eva.

Kriuknya tahu walik dan adonannya yang kenyal cocok sekali dinikmati dengan petis ikan pedas apalagi dinikmatinya saat musim hujan. Selamat mencoba.


2. Pisang Coklat (Piscok)


Image result for pisang coklat



Pisang coklat atau sering disebut dengan piscok adalah makanan ringan yang sangat enak, yang terbuat dari pisang yg di temani dengan coklat,bisa juga ditambah dengan keju yang di bungkus atau di lapisi dengan kulit yang bernama kulit lumpia.
Sangat banyak orang yang menjual piscok, dari mulai toko yang besar,sampai warung warung kecil pun banyak yang menjual, dan harga nya pun sangat murah.

Kalau kita ingin mencoba membuat piscok, saya puya resep dan cara membuat piscok, semoga bermanfaat

RESEP PISCOK MELER

18 buah pisang raja, kupas kulitnya18 lembar kulit lumpia200 ml susu cair80 gram (2 sachet) susu kental manis (SKM) coklat15 gram coklat bubuk75 gram gula pasir1 sdt tepung maizena50 gram mesessecukupnya keju cheddar1 butir telur, kocok lepas untuk perekatsecukupnya minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT PISCOK MELER

Campurkan susu, coklat bubuk, gula pasir dan tepung maizena, serta aduk rata hingga adonan tidak ada gumpalan.Didihkan adonan sambil terus diaduk hingga semua bahan larut dan mengental, matikan api dan biarkan dingin. Setelah cukup dingin, baru masukkan meses serta aduk rata.Siapkan 1 lembar kulit lumpia, celupkan pisang dalam saus coklat secara merata, lalu letakkan di atas kulit lumpia. Sirami lagi dengan saus coklatnya sesuai selera agar lebih lumer, kemudian lipat menyerupai amplop dan gulung dengan rapih, serta rekatkan ujungnya dengan olesan telur. Lakukan hingga adonan habis, setelah itu piscok telah siap untuk digoreng.Panaskan minyak, goreng piscok hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan siap untuk disajikan dengan tambahan taburan keju parut sebagai toppingnya.

Comments

Popular