Terminologi

Indonesian Buffet

1. dojang nakeng

Image result for dojang nakeng


Temukan hidangan makanan laut ini di kota provinsi ruteng, 140 km ke daratan. Penggunaan mengejutkan dari mint dalam hidangan adalah yang pertama bagi kami di Indonesia. Segala jenis makanan laut atau bahkan daging sapi dan ayam dapat digunakan mengikuti petunjuk di bawah ini. Menu ini asli dari Flores, Nusa Tenggara Barat.


2. rujak mie

Image result for dojang nakeng


Mie Rujak khas Palembang adalah mie yang menggunakan saus cuka dan gula merah. Isinya lengkap mulai dari mie kuning, soun, dan tauge.

Mie rujak dari Palembang menggunakan mie kuning basah dan suun sebagai bahan utamanya. Bentuk pelengkap lainnya yaitu tahu, tauge yang telah diseduh air panas dan mentimun.

Saus ini dibuat dari air matang, gula merah, cuka, dan rempah-rempah yang terdiri dari lada merah, bawang putih, ebi, dan garam. Taburan bawang goreng dan kerupuk mie renyah. Meski tidak dibuat dari buah-buahan dan sayuran segar, nama rujak dalam masakan ini sepertinya menggambarkan sensasi segar saat memakannya.


3. soto banjar

Image result for soto banjar



Soto Banjar adalah soto khas suku banjar,kalimatan selatan  dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah -rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel  atau kentang rebus rebusan telur dan ketupat.
Seperti halnya soto ayam, bumbu soto Banjar berupa bawang merah,bawang putih dan marica, tetapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.
Penjual soto Banjar menyajikan sate ayam sebagai menu pendamping. Nasi sop adalah sebutan untuk soto Banjar yang dikuahkan ke sepiring nasi dan tidak berisi 


4. ikan cuka

Image result for ikan cuka


Cuka atau Ikan Cuko yang biasa disebut seperti itu, adalah Ikan Sisiak sejenis Ikan Tuna kecil di pasar kota Padang, digoreng bumbu dan dikombinasikan dengan bawang bombay, seluruh cabai ditambah bumbu kemudian ditambah dengan cuka asam untuk menghasilkan hidangan gurih.

Utuh Utuh, Utuh Bawang yang telah dimasak dalam campuran saus dan bumbu yang terasa di lidah, harus sabar memasak hidangan ini karena butuh beberapa tahap seperti menyiapkan bahan, menggoreng ikan kemudian menyatukan semuanya menjadi satu kesatuan sup. Tentu saja setelah memasak Anda akan kagum dengan keunikan rasa yang ditawarkan oleh Cuka.


5. pelecing sayur

Image result for plecing kangkung


Pelencing Kangkung terdiri dari kangkung rebus dan disajikan dalam keadaan dingin dengan taburan saus tomat. Saus tomat terbuat dari cabai, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan sayuran tambahan seperti tauge, kacang panjang, kacang goreng atau urap.

Kangkung digunakan untuk memasak Plencing bukan sembarang jenis kangkung. Pasti jenis bayam air yang memiliki batang besar, yaitu jenis bayam air.

Pemilihan bayam air bertujuan untuk menghasilkan rasa yang enak dan batang besar. Sehingga saat dimakan akan terasa renyah di mulut. Kangkung di daerah Lombok yang terkenal memiliki tekstur lembut, sehingga tidak terasa sulit meski dimakan bersama batangnya.

Selain kangkung yang unik, rasa lezat dari Plecing kangkung diperoleh dari penggunaan terasi. Terasi yang digunakan pun khusus menggunakan udang Lengkare yang memiliki rasa gurih dan manis. Jenis terasi per setengah kilo ini dibanderol dengan harga 50 ribu rupiah.

Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan bentuk lingkaran. Dimulai dengan lingkaran besar di atas ada lingkaran yang lebih kecil dikejar. Tujuan dari presentasi ini agar bahan dan sambal dapat dilihat semuanya dari atas. Susunannya adalah dengan pertama-tama menahan bayam di lingkaran terbesar, kemudian membawa tauge, lalu kacang goreng, dan yang terakhir bergabung dengan saus kacang polong kacang. Kacang goreng ini berfungsi untuk menetralkan rasa pedas dan penyeimbang rasa antara kangkung dan kecambah yang memiliki banyak serat.


6. rendang

Image result for rendang


Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskanberulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.


7. ayam taliwang

Image result for ayam taliwang


Salah satu elemen warisan budaya kuliner yang menjadi ikon makanan khas orang-orang Sasak di Lombok-Nusa Tenggara Barat adalah ayam taliwang. Kuliner khas ayam taliwang berupa ayam muda olahan yang dicampur dengan bumbu tertentu sehingga memberikan rasa yang kuat. Presentasi selalu ditemani oleh terong kangkung dan beberuk.


Perkembangan tradisi kuliner ayam taliwang di Lombok, erat kaitannya dengan keberadaan komunitas Karang Taliwang di Kabupaten Cakranegara, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Taliwang Reef Society adalah yang pertama kali memperkenalkan ayam taliwang kuliner. Mereka mengolah ayam menjadi makanan khas yang kemudian disebut sebagai ayam taliwang.

Pembuatan ayam bakar taliwang untuk komoditas lokal atau dijual di masyarakat diawali oleh seorang ibu bernama Nini Manawiyah atau Papin Manawiwah. Pagi sampai siang Manawiyah menjual nasi ayam pelalah di rumahnya di Karang Taliwang. Kemudian pada sore hari sampai menjelang subuh menjual sendirian di Pasar Cakranegara. Menu terdiri dari nasi, beberuk ayam bakar. Masakan ayam bakar Manawiyah dikenal enak dan banyak dicari oleh para pelanggannya. Tidak mengherankan, kemudian nasi ayam Manawiyah mulai terkenal di kota Mataram. Kebetulan Manawiyah berasal dari Karang Taliwang, sehingga pelanggan yang sering membeli beras di Manawiyah menyebutnya dengan nasi ayam taliwang.

Ketenaran ayam Taliwang sudah dikenal sejak 1960-an. Dikatakan bahwa salah satu pahlawan Revolusi Indonesia, Jenderal Ahmad Yani telah berhenti makan di warung nasi ayam Nini Manawiyah di Karang Taliwang. Tidak lama kemudian dilaporkan bahwa Jenderal Ahmad Yani meninggal karena G 30 S / PKI. Kedatangan Jenderal A. Yani di warung nasi Nini Manawiyah menjadi tonggak sejarah dalam hal bahwa ayam yang berasal dari asal-usul ayam taliwang mulai dijual sekitar tahun 1960-an.


8. bubuh injin

Image result for bubur injin


Bubuh injin lebih dikenal sebagai bubur ketan hitam yang berasal dari pulau Bali. Tidak ada yang membedakannya dari bubur ketan hitam. Mungkin hanya memberi nama kursus yang berbeda di setiap area.

Krim bubuh ini terbuat dari beras ketan hitam yang dimasak dengan gula merah. Sebagai pelengkap, biasanya diberikan selama presentasi areh atau santan kental yang dimasak dengan garam dan daun pandan harum. Ada juga menyajikan bubuh injin dengan tidak memberikan areh tetapi dengan taburan kelapa parut tadi. Bubuh injin biasanya disajikan di acara apa saja, pesta kumpul orang.

Warna bubuh injin ini berwarna hitam dengan rasa harmoni yang manis dan gurih. Taburan Areh atau kelapa di atasnya menambah rasa agar bubuh ini lebih enak dan enak. Agar terasa lebih segar, bubuh injin juga bisa disajikan dengan menyediakan beberapa potong es batu. Tapi kalau itu tidak terlalu senang, bubuh sambil disantap enak juga disajikan hangat. 


9. doko doko cangkuning

Image result for doko doko cangkuling


Doko-doko Cangkuning biasa disebut di daerah bugis, dan di daerah Makassar biasa disebut dengan Roko-roko Cangkuning. Terbuat dari bahan tepung beras ketan, tepung kanji, air kapur siri, daun suji yang dicampur menjadi satu adonan. Kemudian untuk bagian isinya terbuat dari gula merah dan parutan kelapa. Kemudian terakhir dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut. Saat ini jajanan ini banyak dijual sebagai bahan untuk buka puasa di kota Makassar.

Comments

Popular