Ingredients

1.      Pandan Leaf / Daun Pandan

Image result for pandan leaves

History :
Daun Pandan berasal dari  berasal dari Indonesia yaitu dari daerah Bangka. Kemudian tersebar ke beberapa negara Asia tenggara dan Mediterania melalui perdagangan rempah rempah. Memiliki nama latin Pandanus Amaryllifoius Robx.


Nutrient Content :
Serving Size 100g
Amount Per Serving
Calories 24 Calories from Fat 0
% Daily Value*
Total Fat 0 g 0%
Saturated Fat 0 g 0%
Trans Fat 0 g
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium mg 0%
Potassium mg 0%
Total Carbohydrate 6 g 2%
Dietary Fibre g 0%
Sugars g
Protein 35 g 70%
Vitamin A   IU 0%
Folate   mcg 0%
Vitamin C   mg 0%
Vitamin D   IU 0%
Calcium   mg 0%
Iron   mg 0%

Function :
1. Obat Rematik

Manfaat daun padan sebagai obat yang pertama adalah obat sakit rematik. Rematik merupakan sebuah penyakit umum sering diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Tahukah Anda, orang-orang pada zaman dulu akan mengatasi sakit rematik menggunakan daun pandan dengan resep di bawah ini.

    Siapkan 3 lembar daun yang masih segar
    Cucu hingga bersih
    Potong jadi beberapa bagian
    Seduh daun pandan
    Tambahkan minyak kelapa yang sudah mendidih
    Aduk hingga merata
    Sajikan sebagai obat

Ketika ramuan daun pandan sudah selesai dibuat, maka tunggulah sebentar hingga dingin. kemudian Anda bisa menggunakannya sebagai obat gosok, urut dan pijat pada bagian tubuh yang dirasa sakit.

2. Obat Pegal Linu

Manfaat daun pandan kali ini sangat cocok bagi Anda yang tergolong pekerja keras dan sering mengalami pegal pada badan. Caranya juga mudah, siakan daun pandan sebanyak 5 lembah dan daun serai 20 lembar. Cuci bersih kedua bahan dan tumbuk hingga halus.

Setelah halus tambahkan minyak kayu putih dan minyak ganda pura masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Aduk hingga merata dan gunakan untuk menggosok dan mengurut beberapa bagian tubuh yang sering mengalami sakit pegal linu.

3. Obat Saraf

Ternyata rebusan daun pandan memiliki fungsi sebagai obat saraf. Anda bisa mengobati beberapa masalah saraf meminum ramuan tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

Anda bisa menyiapkan 3 lembar daun pandan wangi untuk membuat ramuan, selanjutnya cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus 3 daun pandan tadi dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air saja.

4. Obat Gelisah

Manfaat daun padan wangi kali ini cocok bagi Anda yang sering mengalami masalah secara emosional. Saat Anda merasa gelisah yang tak beraturan, segera ambil daun pandan sebanyak 2 lembar kemudian cuci hingga bersih dan seduh dengan secangkir air. Minumlah ramuan ini setelah disaring 2 hingga 3 kali dalam sehari sampai Anda kembali merasa tenang.

5. Obat Darah Tinggi

Bagi Anda yang menderita darah tinggi atau hipertensi, daun pada juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Sama dengan beberapa cara di atas, daun pandan wangi direbus pada 3 gelas air sampai air tersisa 2 gelas saja. Minum secara rutin rebusan yang sudah disaring 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari.


2.      Kaffir Lime Leaves / Daun Jeruk

Image result for kaffir lime leaves

History :
Ilmuwan menemukan jika nenek moyang jeruk berasal dari pegunungan Himalaya, mencakup wilayah timur Assam, Myanmar utara, dan Yunnan bagian barat. Lalu bagaimana akhirnya jeruk menyebar? Sekali lagi terima kasih kepada alam, tanpanya mungkin jeruk tak akan bisa kita nikmati. Penelitian yang dipublikasikan di Nature ini mengungkapkan jika hal ini dipicu adanya perubahan iklim yang terjadi 6-8 juta tahun lalu. Di masa itu, terjadi pelemahan muson yang berakibat pada cuaca kering. Hal ini menyebabkan perubahan besar yang memicu migrasi tanaman dan hewan dari daerah tersebut. "Ini pasti merupakan perubahan iklim dan habitat yang dramatis," kata Daniel Rokhsar, ahli genetika dari UC Berkeley. Baca juga : Buah dengan Kadar Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk Dari situlah cerita bermula, pohon jeruk menyebar dengan cepat ke Asia Tenggara hingga ke Australia sekitar 4 juta tahun yang lalu. Dari migrasi massal ini, akhirnya memunculkan banyak varietas buah seperti saat ini. Semisal jeruk pahit yang kulitnya digunakan untuk membuat selai adalah gabungan dua nenek moyang jeruk. Hal ini dimungkinkan terjadi karena jeruk beradaptasi dengan habitat yang berbeda-beda.

Nutrient Content :

Serving Size:
leaf (0.2g grams)
Amount Per Serving
Calories from Fat 0.1
Calories 0.6
% Daily Value*
0%
Total Fat 0g grams
0%
Saturated Fat 0g grams
Trans Fat 0g grams
Polyunsaturated Fat 0g grams
Monounsaturated Fat 0g grams
0%
Cholesterol 0mg milligrams
0%
Sodium 0.1mg milligrams
0%
Potassium 1.1mg milligrams
0%
Total Carbohydrates 0.1g grams
0%
Dietary Fiber 0.1g grams
Protein 0g grams
0.3%
Vitamin A
0.2%
Vitamin C
0.1%
Calcium
0.5%
Iron

Function :
1. Mengatasi Influenza
Influenza, Flu, atau Pilek seringkali menyerang tubuh manusia, Terutama saat pergantian musim atau musim hujan seperti saat ini. Namun anda jangan khawatir, Bahwa hanya dengan memanfaatkan daun Jeruk Purut maka penyakit Flu yang anda derita akan bisa teratasi.
Cara menerapkannya, Cukup sediakan 20 lembar daun Jeruk Purut dan potonglah menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian rebuslah daun tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Selanjutnya saring dan minumlah air rebusan daun Jeruk Purut selagi masih hangat. Anda bisa juga menambahkan madu pada air rebusan tadi sebagai pemanisnya. Minumlah ramuan tersebut secara rutin, Sehingga penyakit Flu bisa segera mereda.

2. Sebagai Antibiotik
Kondisi kesehatan tubuh yang melemah akan menyebabkan datangnya penyakit yang mudah menyerang tubuh. Oleh sebab itu, Kandungan Antibiotik pada daun Jeruk Purut akan membantu dalam mengatasi kondisi tubuh / fisik yang melemah, serta membantu menangkal bakteri jahat dan virus yang menyerang tubuh.
Cara menerapkannya, Anda bisa langsung mengonsumsi daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan. Atau bisa juga dengan merebus daun Jeruk Purut untuk diminum air rebusannya. Dengan begitu, Tubuh anda akan mendapatkan asupan Antibiotik alami, yang mana bisa membantu dalam menangkal bakteri / virus yang menyebabkan penyakit.

3. Mengatasi Stres
Selain sebagai penyedap masakan, Daun Jeruk Purut juga dapat membantu anda dalam mengatasi rasa stres. Hal demikian karena pada daun Jeruk Purut mengandung zat Tannin, yang mana senyawa alami tersebut sangat berperan dalam mengatasi rasa penat dan stres.
Cukup dengan menambahkan daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan, atau dengan meminum rebusan daun Jeruk Purut, Maka rasa penat atau stres yang Anda alami akan segera teratasi.

4. Menambah Stamina Tubuh
Kondisi stamina tubuh yang menurun, Akan sangat mengganggu aktivitas kerja anda. Nah, untuk mengembalikan stamina tubuh yang menurun, maka anda bisa memanfaatkan daun Jeruk Purut sebagai bahan alaminya.
Caranya juga cukup mudah, Yakni anda cukup merebus daun Jeruk Purut secukupnya saja. Kemudian saring dan tambahkan sedikit madu, Lalu minumlah ramuan tersebut saat masih hangat. Dengan begitu, kondisi stamina tubuh yang menurun akan bisa pulih kembali berkat ramuan daun Jeruk Purut tersebut.

5. Untuk Relaksasi
Kandungan minyak Atsiri yang terdapat pada daun Jeruk Purut, Mampu membuat tubuh menjadi rileks dan lebih nyaman. Seperti halnya daun Jeruk Purut juga bisa membantu dalam mengatasi stres.


3.      Basil Leaves / Daun Kemangi

Image result for lemon basil

History :
Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pulau Jawa, kemangi/surawung ditanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma. Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asalnya belum diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji.

Nutrient Content :
Amount Per
100 grams
Calories 22
% Daily Value*
Total Fat 0.6 g 0%
Saturated fat 0 g         0%
Polyunsaturated fat 0.4 g       
Monounsaturated fat 0.1 g    
Cholesterol 0 mg         0%
Sodium 4 mg   0%
Potassium 295 mg       8%
Total Carbohydrate 2.7 g        0%
Dietary fiber 1.6 g       6%
Sugar 0.3 g     
Protein 3.2 g    6%
Vitamin A       105%   Vitamin C       30%
Calcium           17%     Iron     17%
Vitamin D       0%       Vitamin B-6    10%
Vitamin B-12  0%       Magnesium      16%

Function :
1.      Sebagai Obat Tradisional
Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman ini sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.
Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain. Secara turun-temurun, manfaat daun kemangi untuk kesehatan telah dipercaya dari generasi ke generasi.

2.      Memelihara Kesehatan Jantung
Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi kemangi secara berkala juga dapat memperkuat jantung Anda.

3.      Meningkatkan Selera Makan
Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain segar dan sedap, ternyata aroma daun kemangi ini bisa meningkatkan selera makan & membuat makan menjadi lahap.

4.      Memperkuat Masa Hidup Sperma & Mencegah Kemandulan
Selain melezatkan hidangan, daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan reproduksi ini sangat penting bagi pasangan yang berencana untuk memiliki atau menambah keturunan.

5.      Menurunkan Gula Darah
Daun kemangi yang biasanya dijadikan lalapan bersama sambel, daun kubis serta irisan mentimun ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Seringnya orang yang tidak tertarik membuat daun kemangi juga tidak disukai oleh beberapa orang karena alasan tertentu, seperti mereka tidak suka dengan baunya atau sekedar tidak suka saja. Namun, siapa sangka jika salah satu manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang lainnya adalah menurunkan gula darah. Kontrol gula darah Anda agar tetap normal dengan mengonsumsi kemangi secara teratur.

Comments

Popular