Food Terminology



1. Pisto

Image result for pisto


      Hidangan ini menyerupai ratatouille sampai batas tertentu dan biasanya disajikan hangat sebagai starter, atau untuk menemani hidangan lain. Seringkali disajikan dengan roti, telur goreng di atas atau dengan potongan ham yang di awetkan. Pisto ( juga dikenal sebagai Pisto manchego) adalah hidangan Spanyol yang berasal dari Region of Murcia dan Castilla La Mancha. Ini terbuat dari tomat, bawang, terong, atau zuccini, cabai hijau dan merah dan minyak zaitun.


2. Pisang Peppe



Image result for pisang peppe


         Pisang peppe sebagai salah satu makanan khas Sulawesi Selatan, terbuat dari bahan pisang yang belum matang. Cara penyajiannya pun butuh proses dalam beberapa tahap.
Pisang yang telah dikupas dari kulitnya terlebih dahulu di goreng hingga berwarna kemerah-merahan, setelah itu masuklah pada proses penumbukan pisang/ digeprek.
Inilah yang dimaksud dengan kata “peppe” pada pisang. Nama lain dari pisang peppe adalah Sanggara Peppe.
Pisang yang telah ditumbuk digoreng kembali hingga berasa keras dan kriuk. Pisang peppe ini disajikan dengan sambal tumis yang sangat nikmat dengan campuran tomat, terasi, cabai kecil, serta garam.
Rasa pisang peppe tidak manis makanya makanan ini dimakan bersama sambal. Sama seperti bakara (sukun) atau ubi (singkong) goreng. Pisang peppe akan terasa nikmat sekali ketika kita dinikmati beramai-ramai bersama kerabat, apalagi kalau musim hujan dan disajikan dengan teh hangat.




3. Wiener Schnitzel



Image result for wiener schnitzel


       Merupakan potongan anak lembu yang sangat tipis yang di kepang dan digoreng. Biasanya disajikan dengan lemon dan parsley. Tak lupa dengan tambahan kentang atau nasi.


4. Poutine

Image result for poutine



        Aslinya berasal dari Quebec. Poutine adalah festival bagi kalori yang akan memuaskan perutmu. Isinya terdiri dari kentang goreng dengan saus cokelat di atasnya dan dadih keju.



5. Xioalongbao



Image result for xiao long bao


         Xiaolongbao (sup pangsit) adalah salah satu makanan di negara Cina. Berasal dari Shanghai, pangsit ini biasanya diisi daging dan kuah kaldu dan dikukus di dalam sebuah keranjang bambu.



6. Gazpachuelo



Image result for gazpachuelo


          Gazpachuelo adalah sup yang berasal dari Malaga, Spanyol dan merupakan hidangan khas nelayan, yang teridir dari stok ikan, sejenis mayones, bawang putih, kuning telur, dan minyak zaitun. Putih telur di tambahkan untuk mengentalkan campuran bersama dengan kentang potong dadu.


7. Pisang Epe’



Image result for pisang epe


      Pisang Epe merupakan makanan berbahan dasar pisang raja yang belum terlalu matang dan lembek, lalu dibakar. Kata “epe” sendiri berasal dari Bahasa Makassar yang artinya “jepit”, jadi maksud dari nama Pisang Epe adalah pisang bakar yang dijepit dan menjadi gepeng. Sesuai dengan namanya, Pisang Epe dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api setelah sebelumnya dipress hingga menjadi gepeng. Pisang Epe yang telah melalui proses pembakaran biasanya disiram dengan saus yang berbahan dasar gula merah yang telah dicairkan sebagai topping.
    
              Namun saat ini, jenis saus Pisang Epe telah menyesuaikan zaman dengan ditambahkannya berbagai variasi saus seperti coklat durian, keju, dan sebagainya.
Berdasarkan cerita tempo dulu Tinutuan tercipta karena keadaan ekonomi masyarakat di manado sangat buruk, dan akhirnya menjadikan sayuran – sayuran di sekitar rumah makanan yang dicampurkan dengan sedikit beras, dan terciptalah bubur Manado. Dari benar dan tidaknya penciptaan bubur manado 1 hal yang sangat berarti adalah betapa mudahnya kita membuat makanan yang sederhana tetapi sehat dan bergizi.


8.  Fettuccine


Image result for fettuccine

     Fettuccine (diucapkan [fettuttʃiːnə], secara harfiah "pita kecil" dalam bahasa Italia, Fettuccina) adalah sejenis pasta yang populer di masakan Romawi dan Tuscan. Ini adalah pasta tebal datar yang terbuat dari telur dan tepung (biasanya satu telur untuk setiap 100 g tepung), lebih lebar dari pada tapi mirip dengan tagliatelle khas Bologna. Hal ini sering dimakan dengan sugo d'umido (ragù daging sapi) dan ragù di pollo (chicken ragù).

       Fettuccine secara tradisional dibuat segar (baik di rumah atau komersial) tapi fettuccine kering juga bisa dibeli di toko.
Spinachfettuccine terbuat dari bayam, tepung, dan telur.
Makanan yang dibuat dengan fettuccine termasuk Fettuccine Alfredo.


9. Baguette


Image result for baguette


          Baguette (/ bæɡɛt /; French: [baɡɛt]) adalah roti Prancis yang panjang dan tipis yang biasanya terbuat dari adonan dasar (ditentukan oleh hukum Perancis). Hal ini dapat dibedakan dengan panjang dan lapisan kulit yang renyah.
Baguette memiliki diameter sekitar 5 atau 6 sentimeter (2 atau 2 inci) dan panjang biasa sekitar 65 cm (26 inci), meskipun baguette panjangnya bisa mencapai satu meter (39 in).


10. Lasagna


Image result for lasagna

        Lasagna (/ ləzænjə, -zɑːn-, -sɑːn- /; Italian: [lazaɲɲe]; lasagna tunggal) pasta lebar dan rata, dan mungkin salah satu jenis pasta tertua. "Lasagna", atau "lasagna" tunggal, biasanya mengacu pada sajian yang dibuat dengan beberapa lapis lembaran lasagna bergantian dengan saus dan bahan lainnya, seperti daging dan keju.




Sourse: www.wikipedia.com

Comments

Popular